Apa itu Domain?

Pengertian Domain

Domain adalah alamat website kita, ibarat kata jika hosting itu adalah tanah untuk membangun rumah, maka domain itu alamat rumah kita. Untuk itu kita harus memilih nama domain yang mudah di ingat dan identik dengan web kita.
Pengertian Domain, apa itu domain, free domain, cara mendapatkan domain gratis, mengganti domain blogspot dengan domain gratis kita sendiri

Domain terdiri dari 2 bagian :
1. Nama domain
2. Extension

Lalu apa itu nama domain dan apa itu Exxtension?
Begini, kita ambil contoh youtube.com

Youtube adalah nama domainnya, sedangkan
.com adalah Extensionnya.

Penggunaan domain hanya bisa menggunakan huruf, angka, dan garis penghubung. Huruf kecil dan besar tidak diabaikan atau tidak berpengaruh.

Misalnya sobat mengakses youtube.com, YOUTUBE.COM, YoUTube.cOm tetap akan menuju ke youtube.com semua.

Sebuah domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya. Biasanya memakan waktu 2 bula.

SUBDOMAIN 

subdomain adalah domain dibawah domain. Tapi dia berdiri sendiri. pernahkah sobat melihat di alamat URL MAIL.GOOGLE.com? Nah itulah contoh Subdomain dari GOOGLE.com. Tanda subdomain dipisahkan dengan tanda titik.


Berikut Daftar Domain Yang Ada Di Internet


Domain COM

Domain ini dalam bahasa inggris berarti commercial, jadi domain ini dapat digunakan oleh orang biasa/umum baik untuk situs bisnis, situs pribadi dan lain sebagainya.


Domain ORG

ORG memiliki kepanjangan organization, berarti domain ini dapat digunakan oleh situs organisasi atau perkumpulan banyak orang.

Domain NET 

NET memiliki kepanjangan network, jadi domain ini dapat digunakan oleh situs yang ada kaitanya dengan jaringan seperti jaringan komputer.

Domain BIZ

Domain .biz memiliki kepanjangan business, tentunya domain ini digunakan situs yang berhubungan dengan bisnis seperti toko online dan lain sebagainya.

Domain INFO

Info atau information adalah domain yang digunakan oleh situs yang menyediakan informasi seperti situs yang membahas ilmu SEO, komputer atau yang lainya.

Domain EDU

Domain ini digunakan oleh situs-situs yang ada kaitanya dengan pendidikan seperti situs belajar fisika, kimia, matematika atau lembaga pendidikan.


Domain GOV

gov atau government adalah domain yang digunakan oleh situs pemerintahan seperti situs kabupaten dan lain sebagainya yang tentunya berhubungan dengan pemerintahan.

Domain MIL

Mil atau military adalah domain yang digunakan untuk situs yang berkaitan dengan militer.

Dan masih banyak lagi domain yang ada di internet, seperti contoh domain gratis .tk .cf .ml .ga , dan masih banyak lagi.

Domain Gratis!

Untuk sobat yang ingin mempunyai domain sendiri dan gratis, sobat bisa mendaftarkan domain gratsi sobat di
my.dot.tk atau https://my.freenom.com

Baca Juga Pengertian Hosting!

 

Terimakasih untuk referensi : http://www.bloggersakti.com, http://cafebisnis.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel