Apa itu server?

Pengertian Server dan Cara Kerja Server


Kata server mungkin sudah tak asing lagi terdengar di telinga sobat, apalagi buat sobat yang kerjaanya selalu berkaitan dengan komputer. Kalau kita bericara tentang teknologi internet, semua tak lepas dari kata server, ntah itu sobat yang hobi game online ataupun blogging. Sebenarnya apa sih server itu?


server, cara kerja server, apa itu server,

Server adalah komputer sentral yang menangani kumpulan dan (database) dan memberikan layanan terhadap komputer klient. Komputer klient bisa terhubung menggunakan kabel atau tanpa kabel (nirkabel),jika tanpa kabel contohnya menggunakan koneksi wifi. 

Secara umum server adalah sebuah komputer yang berisi program baik sistem operasi maupun program aplikasi yang menyediakan pelayanan kepada komputer atau program lain yang sama ataupun berbeda.

Komputer server adalah komputer yang bisanya dikhususkan untuk menyimpan data yang kan diguakan bersama, atau berbagi basis data. server juga menggunakan sistam oprasi berbasis network ( Network Operating System ) maka komputer server berisi informasi daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut.

Jenis Server Yang Sering Digunakan

Jenis server yang paling sering digunakan adalah Disk Server, File Server, Printer Server, dan Terminal Server.

Disk Server

Disk server digunakan untuk menyediakan fasilitas pengaksesan ke hard disk. Server ini bersifat transparant terhadap user, sehingga setiap pengguna merasa sedang mengakses hard disk nya masing-masing. File dan program yang tersimpan di dalam hard disk dapat diakses oleh setiap user seolah-olah file dan program tersebut berada dalam hard disk sendiri.

File Server

File server menyediakan pelayanan yang mirip dengan disk server tetapi juga mengola disk lokal di setiap komputer. File server bekerja berdasarkan software disk held yang mengolah file-file yang di simpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang disimpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang tersimpan untuk dimanfaatkan oleh sejumlah user yang berbeda.

Terminal Server

Terminal server bertindak saperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akases ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.

Fungsi dan kegunaan komputer server


Dari penjelasan pengertian komputer server di atas, mungkin sudah bisa anda pahami apa fungsi dari komputer server. Berikut beberapa fungsi dari komputer server:

1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.

2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.

3. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.

4. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.

5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.

6.  menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.

7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server.  

Manfaat pennggunaan komputer server


Dari segi manfaat, jelas komputer server sangat di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis.

Misalnya menggunakan komputer server, jika anda memiliki 1 printer katakanlah di sebuah perusahaan maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga dengan 1 komputer akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan.

Jelas lebih hemat bukan di banding anda harus membeli banyak printer dalam satu jaringan? Bukan saja hanya printer, resource lainnya seperti memori, hardisk, scanner pun bisa anda gunakan bersama.

Jenis Komputer Server


Komputer server ada  berbagai jenis, seperti lokal server yang di gunakan khusus di jaringan lokal atau hosting server yang biasanya kita gunakan di internet.

Fungsinya pada dasarnya tetaplah sama, hanya mungkin penempatan dan tujuannya di buat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti webserver, database server, file server, game server, proxy server, printer server dan masih banyak lagi



Itulah pengertian server dan kegunaanya, artikel ini saya ambil dari beberapa sumber yaitu :
http://komputermesh.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-server-dan-cara-kerja-server.html, http://wongzo.blogspot.co.id/2012/05/pengertian-server-apa-sih-server-itu.html, http://www.perangkatkeras.net/pengertian-komputer-server-fungsi-kegunaan-dan-jenis-server/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel