Apa itu Hosting?

Pengertian Hosting


Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

apa itu hosting?, pengertian hosting, idhostinger, 000webhost, cara mendaftar hosting gratis, tempat penyedia hosting gratis

Sederhananya, hosting itu tempat kita meletakan file-file pembangunan web. Jika domain ibaratnya alamat rumah, maka hosting itu tanahnya.

Saat kita menyewa hosting, maka kita hanya diberi tanah kosong untuk kita bangun. Terserah kita mau kita bangun apa, mau kita buat website jual beli online, web lapangan pekerjaan, situs jejaring sosial ataupun yang lain. Tapi biasanya pihak hosting memberikan aturan terkai dengan pemakaian space hosting yang kita sewa. Sama seperti kalau jika membeli tanah untuk bangunan, kita juga punya ukuran tanah maksimal yang bisa jika bangun, seperti tanah ukuran 2 hektar, mau kita bangun apa tanah tersebut.

Kita mengelola hosting kita melalui CPANEL. Biasanya beralamat di http://domainkita.com/cpanel misalnya domain kita itu arenahiburan.com maka alamat cpanelnya http://arenahiburan.com/cpanel.

Dari cpanel ini kita bisa melakukan apa aja terhadap hosting yang kita sewa. Kita bisa install aneka script web, atau bisa juga hanya sebagai tempat menampung file-file kita saja.

Jika sobat ingin belajar dan mengingnkan situs penyedia hosting gratis, sobat bisa mendapatkannya di :

1. www.idhostinger.com
2. www.000webhost.com

Selengkapnya bisa sobat cari-cari lagi.
Nah itulah penjelasan singkat tentang Hosting, semoga bermanfaat. Kalau ada yang kurang atau kesalahan tolong sobat berikan masukan di kolom komentar. Terimakasih......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel